Apa itu Invoice dan Apa Bedanya Invoice dengan Faktur Pajak?

/

Seperti kita ketahui, di dalam bisnis tidak hanya masalah jual dan beli produk saja, melainkan ada komponen lain yang menjadi pelengkap dan begitu penting dalam suatu bisnis. Komponen tersebut adalah kelengkapan dokumen – dokumen bisnis.

Membicarakan dokumen, tidak perlu langsung memikirkan mengenai surat tanah atau sertifikat apapun, tapi kita mulai dari yang kecil saja. Seperti invoice contohnya. Bagi pelaku bisnis tentu sudah tidak asing dengan invoice. Secara umum, invoice adalah faktur. Yang mana dikeluarkan perusahaan ketika terjadi transaksi kredit.

Namun, ada juga faktur lain yang bernama faktur pajak. Apakah faktur pajak sama seperti invoice?

Untuk menjawab keraguan ini, yuk simak artikel di bawah ini. Tapi sebelumnya, akan kita bahas mengenai apa itu invoice? Invoice adalah sebagai berikut.

Pengertian Invoice adalah

Sumber: https://www.flywire.com/industries/travel/invoicing

Invoice adalah dokumen penting yang dikeluarkan perusahaan atas transaksi kredit yang terjadi antara penjual maupun pembeli. Fungsi invoice adalah sebagai dokumen resmi bagi perusahaan untuk melakukan penagihan kepada pembeli apabila belum membayar hingga pada batas waktu pembayaran tiba.

Selain invoice, fungsi lain dari invoice adalah sebagai referensi pihak perusahaan, khususnya divisi keuangan dalam pembuatan pembukuan. Dan tentunya, invoice juga dijadikan sebagai arsip bagi perusahaan.

Dalam pembuatannya, invoice adalah dokumen yang terdiri dari tiga rangkap atau salinan. Lembar asli disimpan oleh perusahaan sebagai arsip, lembar salinan pertama diberikan kepada bagian penjualan, lembar salinan kedua diberikan kepada bagian keuangan, sementara lembar salinan ketiga diberikan kepada pembeli.

Perbedaan Faktur Pajak dengan Invoice adalah

Sumber: http://www.hyperfest.com.au/About/Invoicing

Faktur pajak adalah bukti pungutan pajak dari PKP yang melakukan transaksi atau penyerahan produk, baik barang atau jasa yang dikenakan pajak. Sehingga, bagi pengusaha yang sudah sah sebagai PKP wajib menerbitkan faktur pajak. Tujuannya adalah sebagai bukti bahwa PKP telah memungut pajak dari transaksi yang dilakukan.

Jika diperhatikan, ada perbedaan mencolok antara invoice dengan faktur pajak. Perbedaan tersebut ada pada perannya dalam pemungutan pajak. Berikut ini akan disajikan poin – poin perbedaan faktur pajak dengan invoice:

  1. Invoicediterbitkan oleh perusahaan barang atau jasa atas transaksi yang terjadi secara kredit, sementara faktur pajak diterbitkan oleh perusahaan barang atau jasa atas transaksi yang kena pajak.
  2. Invoicetidak terdapat pungutan pajak, sementara faktur pajak terdapat pungutan pajak.
  3. Invoicebersifat wajib, sementara faktur pajak opsional. Jika kamu bukan Pengusaha Kena Pajak (PKP), maka tidak perlu dan tidak diperbolehkan menerbitkan faktur pajak.

Jenis Faktur Pajak dan Jenis Invoice adalah

Faktur pajak terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Faktur Pajak Keluaran, yaitu faktur pajak yang diterbitkan oleh PKP ketika menjual barang kena pajak.
  2. Faktur Pajak Masukan, faktur pajak yang diterima PKP ketika membeli barang kena pajak.
  3. Faktur Pajak Gabungan, yaitu faktur pajak yang dikeluarkan setiap kali PKP menjual barang atau jasa. Laporan jual beli ini dilakukan dalam satu periode tertentu, tidak setiap kali terjadi transaksi.
  4. Faktur Pajak Pengganti, adalah faktur pajak yang diterbitkan ketika terjadi kesalahan pada faktur pajak yang sudah dibuat.
  5. Faktur Pajak Cacat, adalah faktur pajak yang tidak diisi dengan benar dan lengkap.
  6. Faktur Pajak Batal, yaitu faktur pajak yang dikarenakan pengisian nomor NPWP salah atau ketika pembeli membatalkan transaksinya.

Sementara itu, invoice juga memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  1. InvoiceBiasa, adalah invoice yang biasa digunakan dalam transaksi jual beli suatu produk.
  2. InvoiceProforma, adalah invoice sementara apabila produk dikirim secara bertahap.
  3. InvoiceKonsuler, yaitu invoice yang digunakan pada transaksi ekspor impor.

Itulah pengertian invoice serta perbedaannya dengan faktur pajak. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment